Manfaat
Analisa SWOT dalam Perencanaan Mutu
SWOT
adalah sebuah singkatan dari, S yaitu STRENGHT (Kekuatan), W ialah WEAKNESS (kelemahan), O adalah OPPORTUNITY (Kesempatan),
dan T ialah THREAT {ancaman}
Strengths (Kekuatan) .adalah segala hal yang dibutuhkan pada kondisi yang sifatnya internal agar supaya kegiatan-kegiatan organisasi berjalan maksimal.
Strengths (Kekuatan) .adalah segala hal yang dibutuhkan pada kondisi yang sifatnya internal agar supaya kegiatan-kegiatan organisasi berjalan maksimal.
Sedangkan Weaknesses
(Kelemahan) adalah
terdapatnya kekurangan pada kondisi internal, akibatnya kegiatan-kegiatan
organisasi belum maksimal terlaksana.
Opportunities (Kesempatan) adalah faktor-faktor lingkungan luar
yang positif.
Threatss (Ancaman) adalah faktor-faktor lingkungan luar
yang negatif.
Dari penjelasan di atas merupakan suatu
instrument perencanaaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka
kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan ancaman, instrument
ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk
melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang
bias dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu Analisis ini bersifat deskriptif
dan terkadang akan sangat subjektif, karena bisa jadi dua orang yang
menganalisis sebuah organisasi akan memandang berbeda ke empat bagian tersebut.
Hal ini diwajarkan, karena analisis SWOT adalah sebuah analisis yang akan
memberikan output berupa arahan dan tidak memberikan solusi “ajaib” dalam
sebuah permasalahan.
Analisis
swot adalah diperhatikan oleh mereka. SWOT ini biasa digunakan untuk
menganalisis suatu kondisi dimana akan dibuat sebuah rencana untuk melakukan
sesuatu, sebagai contoh, program kerja
Manfaat Analisa SWOT
Metode
analisys SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yg paling dasar, yg berguna
untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. Hasil
analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk
mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada,
sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman.Jika digunakan dgn benar,
analisis SWOT akan membantu kita untuk melihat sisi-sisi yg terlupakan atau
tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas analisis
SWOT merupakan instrumen yang ampuh dalam melakukan analisis strategi.
Keampuhan tersebut terletak pada kemampuan para penentu strategi perusahaan
untuk memaksimalkan peranan faktor kekuatan dan pemanfaatan peluang sehingga
sekaligus berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat
dalam tubuh organisasi dan menekan dampak ancaman yang timbul dan harus
dihadapi.
Dan bagaimana melakukan analisis SWOT dalam perencanaan?
Langkah pertama dalam perencanaan hampir semua
kegiatan usaha adalah untuk melakukan SWOT (Kekuatan Kelemahan Peluang Ancaman)
analisis pada bisnis Anda. Anehnya, banyak Bisnis belum pernah
dilakukan analisis SWOT . tetapi iklan Perencanaan waktu
tahun adalah sebagai baik sebagai alasan apapun untuk mendapatkan fungsi bisnis
penting dilakukan. Hari ini kami menyelidiki mengapa dan juga hows dari Analisis
SWOT dalam konteks perencanaan iklan.
Mengapa Apakah saya Perlu Analisis SWOT untuk Perencanaan Iklan?
Mengapa Apakah saya Perlu Analisis SWOT untuk Perencanaan Iklan?
Untuk mulai
membuat perencanaan strategi iklan Anda, Anda akan membutuhkan dua buah kunci
informasi. Ini adalah:
Sebuah penilaian pasar.
Sebuah
penilaian tentang bagaimana perusahaan Anda dan produk / jasa cocok ke
pasar.
Hal ini
berguna untuk berpikir tentang posisi bisnis Anda 'di pasar dalam hal apa aset
Anda saat ini (Kekuatan), peluang apa yang ada untuk memanfaatkan aset tersebut
(Peluang), kewajiban atau kelemahan Perusahaan Anda (Kelemahan),
dan cara bahwa orang lain mungkin mengeksploitasi kelemahan-kelemahan
(sadar atau tidak sadar), untuk membawa klien atau keuntungan atau reputasi dari bisnis Anda (Ancaman). Anda bisa menjawab dua pertanyaan di atas cara apapun yang Anda suka ... tetapi keuntungan dalam melakukan analisis SWOT adalah bahwa jalan baik-diinjak.
dan cara bahwa orang lain mungkin mengeksploitasi kelemahan-kelemahan
(sadar atau tidak sadar), untuk membawa klien atau keuntungan atau reputasi dari bisnis Anda (Ancaman). Anda bisa menjawab dua pertanyaan di atas cara apapun yang Anda suka ... tetapi keuntungan dalam melakukan analisis SWOT adalah bahwa jalan baik-diinjak.
Bagaimana
Melakukan Analisis SWOT
akhir jauh
Anda harus mempertimbangkan fitur perusahaan Anda sendiri dan produk
atau jasa yang Anda jual sebagai unit Anda ketika melakukan analisis SWOT untuk
tujuan perencanaan iklan. Namun, dalam sebagian besar industri produk atau jasa
akan membimbing strategi periklanan perencanaan lebih.Mulailah dengan
menganalisis kekuatan perusahaan Anda dan 'produk dan kelemahan. Ini adalah
faktor internal. Beberapa contoh kekuatan yang dapat berlaku untuk perusahaan
Anda, atau mungkin membantu Anda mengidentifikasi kekuatan unik Anda, meliputi:
Anda fisik
lokasi
Kualitas
produk Anda
Para inovasi
produk Anda
Anda kontrol
kualitas prosedur
Spesialis keahlian
Beberapa contoh kelemahan yang mungkin relevan untuk strategi
perencanaan iklan:
Kurangnya
diferensiasi (atau USP) sehubungan dengan produk atau jasa
Miskin
reputasi
Relatif kebaruan di pasar
Produk atau
jasa dengan masalah kualitas
Jika Kekuatan dan Kelemahan Anda adalah faktor internal yang mempengaruhi bisnis Anda, Peluang dan Ancaman adalah faktor eksternal. Peluang daftar dapat mencakup hal-hal seperti:
Jika Kekuatan dan Kelemahan Anda adalah faktor internal yang mempengaruhi bisnis Anda, Peluang dan Ancaman adalah faktor eksternal. Peluang daftar dapat mencakup hal-hal seperti:
Sebuah
pesaing mengosongkan pasar
Pasar baru -
baik platform baru, seperti internet, atau pasar ekspor baru, misalnya
Mengubah
persepsi sosial (perhatikan bahwa ini dapat menjadi peluang atau ancaman ...
kadang-kadang pergeseran yang sama dapat kedua hal ke perusahaan yang sama!)
Mengubah
peraturan pemerintah (sekali lagi, mereka dapat ancaman atau peluang)
Beberapa contoh Ancaman yang dihadapi organisasi, produk atau layanan dapat menjadi:
Mengubah Teknologi
yang outdate produk Anda
Baru pesaing
Baru pesaing
Sebuah pasar
sangat harga-driven yang mendorong perang harga.
Ancaman dan
Peluang Sebagian besar masuk ke salah satu dari enam faktor Alu - faktor
Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Hukum dan Lingkungan. Memiliki pemahaman
yang baik tentang produk Anda (dan perusahaan) Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan
Ancaman adalah langkah kunci pertama dalam merumuskan strategi perencanaan
iklan.
KESIMPULAN
Analisis Swot adalah
sebuah bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi
gambaran). Analisis ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai faktor masukan,
yang kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing.
Analisis Swot sangat
penting perannya dalam meningkatkan mutu pendidikan karena analisis dan
gambaran yang diberikan merupakan tolok ukur dalam mengembangkan lembaga/satuan
pendidikan lebih lanjut.Setelah analisis, perlu dirumuskan visi,misi, tujuan,
dan program kerja yang lebih konkrit.
DAFTAR PUSTAKA
Akdon
2007. Strategic Management
For Educational Management {manajemenStrategik untuk Manajemen
Pendidikan ). Bandung : Alfabeta.
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/05/. Diakses tanggal 31
maret 2010.
No comments:
Post a Comment